Keuntungan Mempunyai Pembeli yang Loyal

admin October 15, 2019 0 Comments

Satu hal yang bisa membuat sebuah bisnis itu stabil yaitu adanya pelanggan yang memiliki kesetiaan atau loyalitas penuh pada bisnis yang? Anda jalani. Pelanggan yang termasuk ke dalam jenis ini tidak akanjalani pernah ragu atau berpikir dua kali dalam hal membeli produk yang telah mereka beli sebelumnya. Selain itu, akan ada beberapa keuntungan lagi yang bisa Anda dapatkan jika Anda memiliki pelanggan yang memiliki loyalitas tinggi.

Seorang penulis buku Customer Loyalty : How to Earn It, How to Keep It , Jill Griffin, menyatakan seorang pelanggan yang loyal merupakan pelanggan yang melakukan pembelian secara teratur. Seorang pelanggan yang loyal juga cenderung lebih kebal terhadap semua pemberitaan miring tentang produk yang mereka percaya. Selain itu, mereka juga memiliki kemauan tinggi baik secara sadar maupun tidak sadar, untuk selalu merekomendasikan produk yang mereka beli pada teman-teman terdekatnya.

Disini Jill juga menyimpulkan, ada beberapa keuntungan yang bisa Anda peroleh jika mempunyai seorang pelanggan yang memiliki kesetiaan yang tinggi

Step #1: Mengurangi Biaya Pemasaran

Keuntungan? mempunyai pembeli yang loyal yaitu mengurangi biaya pemasaran. sebagai seorang penjual yang sudah memiliki pelanggan yang loyal maka bisa mengalokasikan biaya pemasarannya untuk kebutuhan lain. Hal ini dikarenakan biaya yang harus dikeluarkan seller untuk menarik pelanggan baru akan lebih besar jika dibandingkan mengelola pelanggan yang sudah loyal.

Step #2: Mempercepat Transaksi

Pelanggan yang loyal merupakan orang yang pernah melakukan transaksi jual beli dengan Anda sebagai penjual. Sehingga, di transaksi berikutnya Anda tidak akan perlu melakukan proses negosiasi yang panjang lagi seperti saat transaksi pertama kali.

Step #3: Membeli Produk Anda yang Lain

Seorang pembeli yang memiliki loyalitas pada Anda maka pasti akan kembali membeli produk yang sama. Hal ini karena mereka cenderungmereka sudah memiliki tingkat kepercayaan yang besar terhadap Anda sebagai penjual.
Dengan demikian hal ini bisa menambah rasa keingintahuan pembeli untuk mengetahui lebih banyak seluk-beluk Anda sebagai penjual. Termasuk juga tentang produk apa saja yang Anda jual dan akan tertarik untuk membeli produk tersebut. Jill juga menyebut ini sebagai penjualan silang atau cross selling yang bisa mendatangkan keuntungan lebih bagi Anda sebagai penjual.

Step #3: Word of Mouth Bisa Berkembang

Keuntungan? mempunyai pembeli yang loyal lainnya yaitu dari word of mouth. Kepercayaan yang timbul pada pembeli itu didasari oleh kepuasannya dalam melakukan transaksi dengan penjual. Rasa puas akan mendorong seseorang untuk membagikan kisah tentang kepuasannya tersebut pada orang lain. Setidaknya, pada orang-orang terdekatnya, seperti halnya keluarga dan teman-teman. Word of mouth seperti ini tentu bisa akan mendatangkan pembeli yang baru.

Zeithaml dan Berry Parasuraman, merupakan dua orang yang memperkenalkan konsep Service Quality atau yang biasa disebut dengan SERVQUAL juga mengatakan beberapa manfaat yang bisa didapat dari pembeli yang loyal.

  • Seorang pembeli yang loyal akan sering membantu untuk menarik pembeli baru dengan teknik word of mouth- Para pembeli baru yang datang, menurut mereka akan memiliki tipe yang sama dan juga aka. melakukan hubungan transaksi yang sama dengan pembeli yang loyal.
  • Keuntungan mempunyai pembeli yang loyalitas lainnya yaitu seorang pembeli yang loyal akan sulit ditarik oleh para kompetitor. Hal ini disebabkan oleh rasa percaya yang besar yang tertanam dalam diri mereka pada Anda.
  • Pembeli yang loyal juga punya potensi untuk membeli produk lain dari Anda.

Jadi itulah beberapa keuntungan mempunyai pembeli yang loyalitas untuk Anda sebagai penjual. Jagalah para pembeli yang telah loyal pada bisnis Anda dengan berbagai hal. Jangan biarkan mereka pergi karena mereka itu merupakan salah satu aset berharga buat bisnis Anda.

Get closer than ever to your customers. So close that you tell them what they need well before they realize it themselves.
– Steve Jobs